Kategori
Saran Start-Up

Studi Kasus: Chocolate Character

Sejak semester 2, saya (Niken Hardianti Pradani) mulai memproduksi coklat berkarakter. Awalnya modal saya Rp 300.000, dan hanya berjualan coklat dalam toples. Dalam satu semester penghasilan pertama saya adalah Rp 2.000.000.

Saya kemudian membuat produk lain seperti coklat karakter dan alfabet agar berbeda dengan penjual lainnya. Sejak itu, penjualan meningkat cukup signifikan. Sekarang, bisa mendapat beberapa pesanan setiap minggu. Saya bisa memproduksi 30 box per bulan, bahkan pada saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, dapat order lebih dari 100 box. Menurut saya, bisnis dan pangsa pasar berkembang dengan baik, dan pasar produk saya sudah dikenal.

Pada tahun 2020 saya mendirikan bisnis lain sebagai perusahaan dekorasi pernikahan. Usaha ini cukup menjanjikan meski di saat pandemi. Banyak pesta pernikahan digelar dengan dekorasi sederhana yang diadakan di rumah

Bagaimana pembelajaran di Kampus Anda dapat membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses?

Sebelum memulai studi di semester pertama, semua mahasiswa harus mengikuti program orientasi. Program tersebut menyampaikan bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai STIE Malangkucecwara yaitu Appreciative, Thoughtfulness, Team work, Integrity, Time Management, Usefulness, Dedicative, Endless Learning (ATTITUDE). Itu akan menjadi basis kami sebagai pengusaha.

Semester pertama saya mengambil mata kuliah “Mega Kreativitas” yang bisa saya pelajari bagaimana menjadi kreatif, inovatif, dan mindset luas. Setiap semester saya mendapatkan beberapa mata kuliah yang menunjang jiwa kewirausahaan dan memotivasi saya untuk menjadi wirausaha sukses yaitu manajemen, manajemen pemasaran, IT untuk bisnis, manajemen sumber daya manusia, e-bisnis dan pengembangan web, serta kewirausahaan.

Selama pembelajaran, dosen harus menjelaskan ATTITUDE, dan setiap mata kuliah harus menerapkan setiap item ATTITUDE. Praktikum dan kuliah dalam proses pembelajaran itu menempa kami bagaimana menjadi wirausahawan yang sukses.

Bagaimana Growth Hub di Kampus Anda dapat membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses?

ABMHub adalah tempat berkumpulnya mahasiswa, staf, wirausahawan, start up, tenant untuk berdiskusi tentang bagaimana menjalankan bisnis dengan baik. Sejak saya bergabung di ABMHub, bisnis saya berkembang pesat. Saya sempat berdiskusi dengan beberapa dosen yang ahli di bidangnya. Saya juga bisa berdiskusi dengan UKM lain dan menjalin relasi dengan orang lain.

Saya bisa memajang, mempromosikan dan menjual produk saya di beberapa pameran yang diadakan oleh STIE Malangkucecwara seperti pada acara pembukaan ABMHub tahun 2019. ABMHub membantu kami untuk berkembang dan membuat bisnis saya lebih besar.

Inovasi yang saya lakukan adalah pembuatan coklat yang enak dengan bentuk karakter lucu-lucu  dan sesuai dengan keinginan konsumen, serta packaging yang menarik. Sedang Untuk dekorasi  yang saya lakukan adalah menggunakan full bunga segar serta paduan warna dan jenis bunga seperti yang  diinginkan konsumen

Instagram: kenken_chocolate
WhatsApp: 08986133790

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *